5 Masjid Terindah yang Jadi Kebanggaan Indonesia

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email

Keindahan masjid-masjid di Indonesia sudah terdengar sampai luar negeri. Apalagi Indonesia adalah negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia, jadi amat wajar bila umat Muslim Indonesia membangun banyak sekali masjid dengan arsitektur yang mengagumkan. Nah kali ini ijinkan kami mengajak Anda menyimak lima buah masjid megah yang jadi kebanggaan Indonesia.

Ini dia lima masjid terindah di Indonesia.

1. Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal adalah masjid ikonik Indonesia yang terletak di ibukota, Jakarta. Secara historis, masjid Istiqlal dibangun untuk mensyukuri nikmat kemerdekaan Indonesia yang lepas dari belenggu penjajah selama ratusan tahun. Masjid ini memiliki kapasitas yang sangat besar dan menjadi magnet bagi umat Muslim Indonesia, khususnya dari wilayah Jabodetabek. Berbagai tokoh besar dunia pernah singgah di sini, termasuk Raja Salman dari Saudi Arabia.

2. Masjid Agung Semarang

Masjid Semarang

Kompleks masjid megah ini berada di ibukota provinsi Jawa Tengah, Semarang. Menara-menara tinggi berdiri tegap dalam formasi huruf U dengan area tengah yang luas. Arsitekturnya mengadopsi unsur Jawa, ditandai dengan atap utamanya yang menyerupai rumah tradisional Jawa. Nilai-nilai filosofis juga ditanamkan di masjid agung ini, terutama tentang nilai pendekatan pada Ilahi.

3. Masjid Islamic Center Samarinda

Masjid Samarinda

Kalimantan juga punya masjid kebanggaan, yaitu Masjid Islamic Center Samarinda yang berada di kota Samarinda, Ibukota Provinsi Kalimantan Timur. Masjid ini terinspirasi dari kemegahan Masjid Haghia Sophia Istanbul di Turki. Sebanyak tujuh buah menara berdiri menjulang dengan sebuah kubah raksasa bermotif bunga yang indah.

4. Masjid Raya Baiturrahman

Masjid Baiturrahman Aceh

Tak lengkap rasanya berkunjung ke Daerah Istimewa Aceh tanpa mendatangi Masjid Raya Baiturrahman yang sangat terkenal. Masjid ini adalah satu dari sedikit bangunan yang selamat dari terjangan dahsyat tsunami pada tahun 2004 silam. Masjid ini sudah direnovasi dan tetap mempertahankan desain aslinya. Pembangunannya dimulai pada tahun 1879 dengan berbagai material yang didatangkan dari Belgia, China, dan Belanda.

5. Masjid Cheng Ho, Surabaya

Masjid Cheng Ho

Terakhir adalah Masjid Cheng Ho di Surabaya, Jawa Timur. Masjid ini melambangkan perkawinan antara budaya Arab, Jawa, dan China. Masjid ini dibangun untuk menghormati Laksamana Cheng Ho dari Negeri Tiongkok yang berperan besar dalam penyebaran agama Islam di wilayah Nusantara. Bentuknya mirip pagoda dan terinspirasi Masjid Niu Jie di Beijing. Dominasi warna merah dan hijau menambah kesan cantiknya.

Itu tadi beberapa masjid paling megah dan cantik yang ada di Indonesia. Jangan lupa, selain lima masjid di atas kita masih memiliki banyak sekali masjid indah dan unik di seluruh daerah, misalnya masjid Tiban di Malang yang sudah pernah kita bahas sebelumnya.

Masjid Anda sudah di lengkapi gorden atau hijab pembatas jamaah laki perempuan? Atau mau ganti gorden? Bikin aja di Solusiruma.com .”Ada Harga, Ada Rupa”. Solusiruma.com pilihan tepat!

Salam,
Saya Abella,
Siap membantu Anda diskusi/order keranda
Powered by