Masjid Cheng Ho Surabaya yang Cantik dan Unik

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email

Dari jauh bangunan ini mirip dengan klenteng, tapi siapa sangka ini ternyata adalah sebuah masjid megah. Ya, masjid Cheng Ho di Surabaya ini memang terkenal karena arsitekturnya yang unik bergaya oriental China. Masjid ini memang khusus dibangun untuk mengenang perjuangan Laksamana Cheng Ho, panglima Tiongkok yang membantu penyebaran agama Islam melalui perdagangan.

Laksamana Cheng Ho adalah sosok yang sangat dihormati dalam sejarah persebaran agama Islam di wilayah Indonesia. Dia menempuh pelayaran jauh dari China ke pantai Afrika. Cheng Ho selalu mendapatkan sambutan baik di mana pun dia mendarat karena dia membawa misi perdamaian, persahabatan, serta menyebarkan agama tanpa kekerasan.

Masjid Cheng Ho adalah masjid pertama di Indonesia yang menggunakan nama Tionghoa, alih-alih nama Arab seperti kebanyakan masjid. Masjid Cheng Ho di Surabaya ini menurut sejarahnya dibangun oleh para pengurus Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI), para pengurus Yayasan Haji Muhammad Cheng Ho Jawa Timur, dan para tokoh masyarakat Tionghoa di Surabaya.

Masjid Cheng Ho

Masjid Cheng Ho di Surabaya adalah yang pertama di Indonesia. Kini masjid-masjid Cheng Ho sudah didirikan di berbagai kota, seperti Palembang, Kutai Kartanegara, Pasuruan, Purbalingga, Jambi, Gowa dan Banjarmasin, Batam, Banyuwangi, dan Samarinda.

Keunikan masjid Cheng Ho tentu saja terletak pada gaya arsitekturnya. Desain masjid ini terinspirasi dari Masjid Niu Jie di Beijing. Menariknya, pintu utama masjid bernuansa Timur Tengah, sedangkan temboknya bernuansa Jawa. Di bagian dinding dan langit-langit masjid terdapat hiasan ornamen China yang sangat indah. Area masjid memiliki tempat parkir yang luas dengan beberapa pohon tinggi sebagai perindang. Lafaz Allah besar terpampang di atas pintu depan besar yang bergaya Tiongkok.

Masjid Cheng Ho di Surabaya menarik banyak perhatian. Selain sebagai tempat beribadah layaknya masjid-masjid pada umumnya, masjid ini juga menjadi area wisata religi. Masjid ini juga menjadi simbol persatuan dari berbagai etnis. Dominasi empat warna, yaitu merah, kuning, biru, dan hijau dalam kebudayaan China melambangkan kebahagiaan, kemasyhuran, harapan dan kemakmuran.

Masjid Cheng Ho terletak di Jalan Gading No. 2, Ketabang, Genteng, atau sekitar 1.000 meter sebelah utara Gedung Balaikota Surabaya. Jika Anda sedang ke Surabaya, sempatkan waktu sejenak untuk singgah di sana dan mengagumi keindahannya.

Masjid Anda sudah di lengkapi gorden atau hijab pembatas jamaah laki perempuan? Atau mau ganti gorden? Bikin aja di Solusiruma.com .”Ada Harga, Ada Rupa”. Solusiruma.com pilihan tepat!

Salam,
Saya Abella,
Siap membantu Anda diskusi/order keranda
Powered by